Belajar HTML Dasar : Memilih Text Editor

Untuk anda yang baru mau belajar bahasa pemrograman, disini khususnya pemrograman web, 0tentulah berfikir bagaimana saya membuat, dan apa yang harus saya gunakan untuk membuat program ? berikut kami sediakan jawaban yang mungkin terbesit dalam hati/pikiran anda yang baru mau belajar bahasa pemrograman web. sebelum kita memulai cara penulisan HTML terlebih dahulu yang harus anda sediakan adalah text editor dan browser.

Text Editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode program, disini khususnya untuk penulisan kode program HTML itu sendiri. Text editor sendiri sangatlah banyak yang bisa digunakan untuk penulisan kode HTML, contohnya seperti Notepad yang disediakan oleh sistem operasi windows, Textedit yang disediakan oleh sistem operasi Mac dan Nano yang disediakan oleh sistem operasi linux. Text editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft Word, King Soft, WordPerfect). Itu dikarenakan text editor tidak bisa digunakan untuk mengatur format document serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk desktop publishing.

Browser merupakan aplikasi yang akan kita gunakan untuk menjalankan code program html yang sudah kita tulis. browser ini ialah syarat yang harus anda penuhi jika anda belajar web programing. untuk browser itu sendiri bisa digunakan yang sudah disediakan oleh sistem operasi langsung ataupun bisa juga digunakan aplikasi browser yang lain seperti: Mozilla Firefox, Opera, Chrome dan sebagainya.

Memilih text editor yang sesuai dengan keinginan

berikut beberapa text editor yang kami sarankan untuk digunakan dalam penulisan code program bagi anda yang baru belajar bahasa pemrograman.

Sublime Text Editor

Sublime Text editor adalah text editor yang paling banyak digunakan oleh programer, text editor ini memiliki tampilan yang elegan , yang khas dengan warna kecoklatannya. Text Editor ini tersedia untuk windows, Mac, dan Linux. Untuk anda yang ingin menggunakan sublime bisa di download dari situs resminya langsung, yaitu di https://www.sublimetext.com/

Gambar 1 : Sublime Text Editor

Notepad ++

Text editor ini bisa digunakan untuk windows dan free licence (dalam artian bebas digunakan tanpa mengeluarkan biaya). Text Editor ini memiliki ciri khas tersendiri dan banyak fitur-fitur yang bisa diinstal di text editor ini. untuk anda yang ingin menggunakan text editor notepad++ bida di download pada situs resminya, yaitu https://notepad-plus-plus.org/.

Gambar 2 : Notepad ++

Atom

Text editor ini hampir sama dengan sublime namun text ini agak sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan sublime. Text Editor ini bisa digunakan oleh platform Mac, Windows, dan Linux. Untuk anda yang ingin menggunakan text editor ini bisa di download di https://atom.io/

Gambar 3 : Atom

Brackets

Text editor ini memiliki kriteria tersendiri dan hampir sama dengan Atom. Text editor ini bisa digunakan untuk Platform Mac, Windows dan Linux. untuk anda yang ingin bergelut dengan brackest bisa di download di http://brackets.io/

Gambar : 4 Brackets

Netbeans

Text editor ini merupakan salah satu favorit programer. namun text editor ini bisa di kategorikan lebih berat dari text editor lain yang disebutkan di atas. kemudahan text editor ini adalah tampilan kode program yang ditulis lebih rapi. untuk anda yang ingin menikmati editor ini bias di download di situs resmi netbeans, yaitu di https://netbeans.org/

Gambar 5 : Neatbeans

Nah, itulah beberapa list text editor yang bisa versi mikaila.web.id yang bisa digunakan untuk menulis kode HTML. Text editor ini selain bisa digunakan untuk menulis kode html bisa juga untuk menulis kode program lainnya seperti PHP,CSS, JavaScript, dan beberapa kode program untuk dektop. jadi kesimpulannya, sebelum memulai penulisan kode program , yang harus anda penuhi terlebih dahulu adalah memilih salah satu text editor yang akan anda digunakan dan browser untuk menjalankan code program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *